You are here
Home > Event > Inilah Daftar Hari Belanja Online Murah Terbesar Yang Wajib Kamu Ketahui !

Inilah Daftar Hari Belanja Online Murah Terbesar Yang Wajib Kamu Ketahui !

Kapan Hari Belanja Online Nasional 2018 ? Mungkin Anda bertanya seperti itu. Tak hanya tanggal 11 November atau 11.11 tapi ada juga HARBOLNAS, Singles Day, Black Friday, dan masih banyak lagi yang lain. Untuk Anda yang belum tahu hari belanja online tanggal berapa aja tak usah kawatir. Di bawah ini saya sudah rangkumkan daftar tanggal hari belanja online lengkap untuk Anda.

Di era serba digital ini kegiatan belanja online sudah menjadi tren dan sangat diminati orang dari berbagai kalangan. Bahkan mungkin Anda adalah salah satu orang yang suka berbelanja via online. Dengan cara berbelanja lewat internet memang kita mendapat kemudahan dan keuntungan yang tidak bisa kita peroleh ketika berbelanja di toko offline atau toko fisik. Ketika kita mengingkan barang yang di impor dari dari luar negeri, kita tak perlu lagi untuk pergi langsung ke toko atau distributornya secara langsung.

Dengan media Internet Anda cukup klik dan bayar melalui transfer bank, paypal, atau mastercard maka Anda tinggal menunggu kurir mengantarkan barang Anda ke rumah. Dengan jarak yang jauh antara pembeli dan penjual bukanlah penghalang lagi bagi para pebelanja online.

Kegiatan berbelanja online ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga ada di berbagai negara di Asia Tenggara. Minat masyarakat luas akan hadirnya solusi berbelanja dengan media internet atau online sangat besar. Dengan banyaknya minat masyarakat untuk berbelanja secara online membuat menjamurnya perusahaan digital marketing berupa e-commerce yang kian lama kian banyak. Dengan adanya persaingan yang sangat ketat, maka para creative marketing mereka berlomba-lomba menawarkan berbagai promo menarik guna menarik minat para calon pembeli perusahaan milik mereka.

6 Hari belanja Online Terbesar Di Indonesia

Tentunya mereka juga menamai berbagai promo belanja online mereka dengan nama seunik mungkin guna menarik perhatian para calon pembeli mereka. Diantara berbagai promo belanja online, yang paling besar dan menarik perhatian adalah Promo Hari Belanja Online Nasional atau yang sering kita sebut HARBOLNAS. Promo ini setiap tahun diperingati pada tanggal 12 Desember atau 12.12. Dengan banyaknya promo yang sangat menggiurkan itulah banyak dari orang Indonesia khususnya para penghobi belanja online yang menantikan momen tersebut. Nah di bawah ini adalah skema urutan Hari Belanja Online Murah Di Indonesia.

Kalender Belanja Online Terbesar Di Indonesia
via: shopback.co.id

Singles’s Day

Nama Single’s Day atau yang artinya harinya para jomblo sebenarnya awalnya hanya acara di sebuah sekolah di China. Acara ini diperuntukan untuk para jomblo yang ada di sekolah itu untuk mencari pasangan yang saat itu sama-sama jomblo. lantas apa sejarahnya Single’s Day menjadi salah satu nama festival diskon belanja online? Jawabanya adalah karena pada tahun 2009 perusahaan e-commerse terbesar di China yakni Alibaba mengadopsi nama tersebut untuk hentakan promonya yang akhirnya booming ke seluruh dunia.

Baca Juga Yuk:  Inilah Tips Sukses Berbelanja Online Murah Di Event Singles' Day
Single's Day
via:shopback.co.id

Nah hingga saat ini Single’s Day yang bertepatan tanggal 11 November atau 11.11 akan menjadi momen untuk para praktisi dan perusahaan digital marketer untuk mempromosikan produk mereka dengan memberikan diskon harga besar-besaran. Jadi, jangan sampai terlewat ya tanggal ini, karena pastinya akan banyak diskon di beberapa toko online dan marketplace besar di Indonesia seperti Lazada, bukalapak, tokopedia, shopee, elevania, tiket.com, dan banyak lagi.

Single’s Day ini adalah salah tau momen promo hari belanja online murah terbesar, sampai-sampai nilai transaksinya mengalahkan festival Cyber Monday yang diadakan pada tahun 2012 lalu. Total transaksi pada hari Single’s Day ini mencapai USD 17,8 miliar pada tahun 2016. Itu merupakan pencapaian yang sangat besar bagi mereka.

Online Revolution

Online Revolution
via:shopback.co.id

Hari Belanja Online populer yang kedua adalah Online Revolution. Festival yang satu ini pertama kali muncul di tahun 2012 yang dipelopori oleh perusahaan dalam negeri yakni Lazada Indonesia. Misi mereka mengadakan festival ini adalah untuk mengkampanyekan belanja online secara nasional. Dan menurut data yang saya punya, Online Revolution ini lebih terkenal di Indonesia dibandingkan dengan Single’s Day yang dipelopori oleh Alibaba.

Karena di Indonesia sendiri event festival Online Revolution ini sangat terkenal di Indonesia maka tak heran jika Hari Belanja Online ini penjualannya tembus di angka USD 40 miliar pada tahun 2016 sehingga waktu itu menduduki ranking Top 10 Keywords. Online Revolution ini juga diadakan pada tanggal 11 November seperti Single’s Day.

Festival Belanja Online

Festival Belanja Online
via:shopback.co.id

Di mulai pada tahun 2014, acara ini diadakan dengan adanya kerjasama dari para industri e-commerce asal Indonesia. Jangan salah meski acara ini didirikan dengan adanya aliansi dari para marketer raksasa di Indonesia, namun acara ini juga mendapat dukungan dari UNICEF di Festival Belanja Online di tahun 2015 lalu. Nah penyelenggaraan Festival Belanja Online ini diadakan tidak hanya sehari dalam setahun, tapi satu minggu penuh yakni pada tanggal 23 sampai 30 November.

Festival Belanja Online ini diikuti oleh kurang-lebih 75 e-commerse Indonesia dengan transaksi yang bisa mencapai 3x lipat dari penjualan normal karena promo potongan harga 90%.

Black Friday

Black Friday
via:shopback.co.id

Black Friday ini sebenarnya memang tak ada hubunganya sama sekali dengan belanja online. Namun kini hari Black Friday ini diperingati sebagai Hari Belanja Online juga. Kabarnya diskon pada Black Friday ini adalah yang terbesar. Pada pemiliki toko ritail atau toko offline biasanya akan terjadi antrian yang cukup besar.

Nah karena adanya fenomena Black Friday yang diperingati oleh para pemiliki toko retail ini lah yang menginspirasi para e-commerse untuk menjadikannya salah satu hari belanja online dengan event diskon besar-besaran juga. Pada tahun 2016 lalu, penjualan pada Black Friday ini tercatat hingga USD 3,34 miliar.

Cyber Monday

Cyber Monday
via:papercitymag.com

Nama Cyber Monday ini pertama kali dideklarasikan sebuah perusahan e-commerse yang bernama Shop.org di tahun 2005 lalu. Mereka mengklaim bahwa riset mereka menunjukan kalau kegiatan transaksi online shop paling banyak dilakukan di hari senin. Cyber Monday ini diperingati setiap tanggal 27 November.

Cyber Monday ini berhasil mencetak total transaksi hingga di angka  USD 3,45 miliar pada tahun 2016 dan mengalahkan total transaksi Black Friday.

Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional)

Harbolnas
via:shopback.co.id

Hari Belanja Online Nasional atau yang kita sebut sebagai HARBOLNAS pertama kali dirayakan pada tahun 2012, festival ini mempunyai tanggal yang unik yakni 12 Desember 2012 yang disingkat menjadi 12.12.12. Acara ini juga sebagai penutupan puncak pesta diskon belanja online besar-besaran di Indonesia.

Pada awalnya kemunculan festival ini hanya diadakan bersama 7 e-commerse saja. Namun sekarang sudah lebih dari 70 e-commerse yang sudah turut bergabung memeriahkan HARBOLNAS ini. Di tahun 2016 kemarin total angka penjualannya mencapai USD 235 juta.

Nah jika disimpulkan maka hari belanja online terbesar di Asia Tenggara dimenangkan oleh Singles’s Day yang menduduki peringkat paling atas dibandingkan dengan 5 hari belanja online lainnya. Namun untuk di negara Indonesia sendiri, hari belanja online yang paling dikenal dan diminati adalah harbolnas. Hal tersebut dapat dibuktikan dari data pencarian kata kunci “harbolnas” di search engine Google terus meningkat di setiap tahunnya.

 

Vee
fashion is not necessarily about labels. It’s not about brands. It’s about something else that comes from within you...
https://www.detikfashion.com/

Leave a Reply

/* */
Top