Tips Berpuasa Untuk Penderita Maag

Udah ngga terasa yah, sebentar lagi seluruh Umat Muslim di berbagai penjuru dunia akan serentak melakukan indah puasa di bulan Ramadhan. Tentu saja momen ini menjadi kabar gembira untuk kita. Puasa Ramadhan merupakan ladang untuk menambah pahala kita dan juag menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Namun bagaimana jika kamu telah mengalami penyakit maag? Puasa memang menjadi salah satu kegiatan yang harus sangat diperhatikan untuk para penderita maag, khususnya untuk yang sudah akut.

Puasa memang menyebabkan beberapa pola hidup kita berubah, salah satunya adalah pola makan, dari yang biasanya bisa makan sebanyak 3x sehari, menjadi makan hanya 2x sehari. Dengan adanya perubahan pola makan tersebut maka akan memicu berubahnya fisiologi tubuh, salah satunya adalah penurunan berat badan di minggu-munggu pertama. Selain itu puasa juga memicu peningkatan asam lambung pada perut kosong yang terjadi di siang hari. Nah dengan adanya asam lambung yang berlebihan maka akan memicu adanya peradangan di sekitar dinding lambung yang biasa disebut maag maupun dispepsia.

Pada dasarnya sakit maag dibagi menjadi dua bagian yakni maag secara organik, maupun maag secara fungsional. Namun untuk menentukan apakah penderita mengalami maag organik atau fungsional harus melakukan pemeriksaan endoskopi yakni meneropong saluran pencernaan bagian atas. Yang disebut dengan penderita maag organik adalah penderita maag yang mengalami gangguan pencernaan seperti terdapat adanya luka di lambung, usus halus, maupun organ yang lain.

Namun pada penderita maag fungsional tidak terdapat kelainan pada organ pencernaan. Pada umumnya penderita maag jenis fungsional masih diperbolehkan berpuasa, sedangkan penderita maag organik biasanya tidak diperbolehkan atau diperbolehkan tapi dengan penanganan yang baik, karena puasa bisa menyebabkan kondisi luka di organ pencernaan semakin parah. Namun jangan kawatir, karena detik fashion sudah menyiapkan tips berpuasa untuk penderita maag di bawah ini

1. Konsumsi Obat Anti Maag Pada Saat Saur Dan Berbuka

Daftar Isi

Baca Yuk:  7 Cara Membuat Pipi Tirus Dalam Seminggu Tanpa Operasi!!!
sakit maag apakah masih bisa berpuasa
sakit maag apakah masih bisa berpuasa

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan sampai lupa mengkonsumsi obat maag ketika sahur dan juga buka puasa agar puasamu lancar.

2. Kurangi Karbohidrat dan Ganti Dengan Protein Dan Lemak Baik

cara agar maag tidak kampuh saat puasa
cara agar maag tidak kampuh saat puasa

Kenapa tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat berlebihan pada saat puasa? karena karbo dapat berfermentasi menjadi gas di dalam perut yang akan menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, bau mulut, dll. Dengan mengkonsumsi karbo terlalu banyak maka juga bisa menimbulkan masalah lain yang lebih parah di dalam usus.

Dengan kamu mengkonsumsi protein, kelebihan asam lambung yang biasanya berakibat sakit maag akan digunakan untuk mencerna protein dan mencegahnya naik ke kerongkongan. Usahakan mengkonsumsi protein yang baik bagi tubuh seperti daging, susu, telur, dll. Lemak baik juga membantu agar asam lambung tidak tidak melukai organ pencernaan seperti keju, olive oil, mentega tawar, dll.

3. Jangan Merokok atau Minimal Kurangi Merokok

panduan puasa untuk penderita penyakit maag
panduan puasa untuk penderita penyakit maag

Untuk kamu yang perokok aktif, momen puasa juga bisa menjadi ajang latihan untuk berenti merokok khususnya kamu yang menderita sakit maag. Penderita penyakit maag sebenarnya tidak diperbolehkan merokok karena bisa mengurangi antibodi kamu yang seharusnya bisa melawan bakteri perusak dinding lambung. Merokok juga bisa menyebabkan perut kembung yang akan mengganggu aktivitas puasamu.

4. Konsumsi Pisang dan Kacang-Kacangan

cara mencegah maag kambuh saat puasa
cara mencegah maag kambuh saat puasa

Selain mempunyai kadar serat yang tinggi, pisang juga bisa mencegah agar tidak kelebihan asam lambung. Biasanya orang berpuasa juga akan mengalami sulit buang air besar, nah kandungan serat yang tinggi juga akan membantu memperlancar pencernaan. Kacang-kacangan juga sangat baik untuk penderita penyakit maag. Namun yang menjadi catatan sebaiknya kacang direbus atau dikukus jangan digoreng, karena menggoreng akan menyebabkan tekstur menjadi keras dan memicu asam lambung.

5. Makan Secukupnya Saat Saur Dan Berbuka

tips puasa untuk penderita maag
tips puasa untuk penderita maag

Umumnya banyak orang akan makan dengan porsi yang terlalu banyak di saat berbuka. Dengan menahan lapar dan haus pada siang hari, bukan berarti kamu bisa makan sebanyak-banyak pada saat berbuka. Kondisi lambung yang kosong sehabis berpuasa akan kaget jika kamu memakan makanan terlalu banyak. Banyaknya karbo yang masuk ke lambung membuat kadar insulin di dalam darah meningkat dan membuatmu menjadi terasa lemas dan mengantuk.

Baca Yuk:  10 Cara Merawat Gigi Berbehel Dengan Sangat Mudah Dan Alami

6. Hindari Gorengan, Makanan Pedas, Dan Makanan Yang Terlalu Manis

makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sakit maag
makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sakit maag

Makanan jenis gorengan memiliki kandungan minyak goreng yang terlalu banyak, kebanyakan kandungan minyak goreng adalah lemak jenuh, belum lagi kandungan radikal bebasnya. Yang jelas makanan yang di goreng cenderung tidak sehat. Selain itu juga kamu usahakan tidak makan makanan yang sangat pedas, karena makanan pedas bisa membuat lambung perih dan asam lambung meningkat. Dianjurkan juga tidak boleh mengkonsumsi makanan manis olahan. Kandungan gula pada makanan juga tidak terlalu baik untuk penderita sakit maag. Kecuali makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan.

7. Hindari Kopi, Minuman Soda, dan Jus Buah Yang Asam

makanan pantangan untuk penyakit maag
makanan pantangan untuk penyakit maag

Mengkonsumsi makanan di atas bisa membuat asam lambung meningkan dan akan memperparah sakit maag kamu.

8. Banyak Konsumsi Air Putih Saat Sahur Dan Berbuka

cara mengobati sakit mah
cara mengobati sakit mah

Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan memberikan efek menetralisir bakteri penyebab luka pada lambung. Selain itu air putih juga bisa membersikan dan mendorong sisa-sisa makanan yang menempel di dinding lambung.

9. Minum Segelas Susu Saat Sahur dan Berbuka

pantangan penyakit maag
pantangan penyakit maag

Mengkonsumsi susu juga bisa menetralisir asam lambung, karena susu mempunyai zat yang bernama antidotum. Selain itu susu juga mengandung protein sehat yang bisa mengurai asam lambung. Dengan rajin mengkonsumsi susu pada saat sahur akan membuat puasamu nyaman dan tidak terasa perih di lambung.

10. Usahakan Tidak Stress

penyebab sakit maag
penyebab sakit maag

Banyak penelitihan mengatakan bahwa penyebab terbesar sakit maag adalah stress. Maka dari itu jika kamu ingin agar puasamu tidak terganggu dengan sakit maag, maka hindari stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *